cover
Contact Name
Peny Husna Handayani
Contact Email
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Phone
+6282216797714
Journal Mail Official
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Usia Dini
ISSN : 2301914X     EISSN : 25027239     DOI : https://doi.org/10.24114/jud.v7i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. Evaluasi dan asesmen di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 5. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini 6. Tren Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023" : 6 Documents clear
Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Literasi Digital pada Anak Usia Dini di Indonesia Rini Juliana Sipahutar
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i1.47817

Abstract

Disrupsi digital telah mengubah pola interaksi manusia dengan media digital menjadi lebih intens. Terlepas dari kebermanfaatan yang diberikan, media digital juga dapat memberikan dampak negatif yang berujung pada kerusakan fisik dan psikologi manusia. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan literasi digital yang membantu manusia dalam memanfaatkan media digital dengan benar sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat digital yang berpotensi besar mendapat ancaman digital dari penggunaan media digital adalah anak usia dini karena keterbatasan pemahaman sesuai dengan usia perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pengembangan literasi digital anak usia dini, secara spesifik di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan systematic literature review menggunakan pendekatan Kitchenham. Naskah penelitian bersumber dari Google Scholar, ResearchGate, Scopus dan Directory Open Access Journal dengan tahun terbit antara 2017-2023. Berdasarkan 15 naskah yang berhasil terpilih, disebutkan bahwa faktor yang mempengaruhi pengembangan literasi digital anak usia dini di Indonesia adalah (1) kemampuan literasi digital pendamping, (2) pola pendampingan, (3) ketersediaan perangkat pendukung (4) metode penyampaian.Kata Kunci: literasi digital, anak usia dini
Pengaruh Usia Produktif Guru Terhadap Semangat Belajar Anak di TK Perintis Rejo Asri Nuril Aini; Edo Dwi Cahyo
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i1.47818

Abstract

Guru merupakan bagian penting dari pendidikan atau bisa juga disebut sebagai pusat pendidikan. Masalah kesehatan yang terjadi antara lain kemunduran dan kelemahan pada usia lanjut yaitu perubahan fisik, kognitif, mental dan psikologis. Salah satu perubahan kognitif yang terjadi adalah daya ingat dan perubahan daya ingat, faktor usia sangat mempengaruhi daya ingat seseorang, namun pada usia tersebut seseorang dapat terus produktif dan mempertahankan kemampuan yang ada dengan terus merangsang otak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh usia produktif guru terhadap semangat belajar anak ditinjau dari latar belakang pendidikan di TK Perintis Rejo Asri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia produktif guru terhadap semangat belajar anak. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Teknik validitas dan reliabilitas, deskripsi data, uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, model regresi sederhana, koefisien determinasi (R2), dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tes ini terdapat pengaruh usia produktif guru terhadap semangat belajar anak. Kata Kunci: Usia Produktif, Semangat Belajar
Analisis dan Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Outdoor di TK Negeri Pembinan Kota Tasikmalaya Anfa Kamilatul Rosidah; Hani Hashipah; Wafa Tajul Arifah; Risbon Sianturi
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i1.47814

Abstract

Dalam upaya mengembangkan potensi yang dimiliki anak tentu proses kegiatan pembelajaran harus dikolaborasikan dengan bermain agar anak merasa senang sehingga anak akan mampu bereksplorasi dalam pembelajaran. Dalam melakukan aktivitas belajar sekaligus bermain, tentunya membutuhkan berbagai macam alat permainan, tentunya alat permainan yang memiliki unsur atau nilai edukatif, alat permainan yang bersifat mendidik bagi anak. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang pemanfaatan alat permainan edukatif di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif jenis penelitian studi lapangan. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat kurangnya penyediaan sarana dan prasarana di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya, ketidak seimbangan antara jumlah ketersedian jumlah alat permainan dengan jumlah anak peserta didik, sehingga dalam hal ini seorang pendidik harus mampu menyesuaikan antara keterbatasan alat permainan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Outdoor 
Survey Obesitas Anak Usia Dini Menggunakan Machine Learning Selama Pandemi COVID 19 di Kota Medan Rizki Ramadhani; Gita Noveri Eza; Srinahyanti Srinahyanti
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i1.47819

Abstract

Pandemi yang melanda dunia memaksa semua orang merubah kebiasaan hidupnya, juga membatasi ruang gerak tiap individu tidak terkecuali anak usia dini. Padahal anak usia dini pada tahapan yang mengalami pertumbuhan yang tinggi dna tak bisa diulangi. Dengan keterbatasannya gerak pada anak usia dini ini juga membuat pola hidup aktif tidak berjalan yang dapat berdampak pada kebiasaan hingga dewasa. Maka dari itu penulis melakukan survey melihat tingkat obesitas anak usia dini di Kota Medan menggunakan pendekatan machine learning. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengumpulan data dan diolah menggunakan machine learning disimpulkan bahwa status indeks massa tubuh anak usia dini di Kota Medan selama Pandemi didominasi anak dalam kategori normal, namun ada yang berstatus kurus, kelebihan berat badan bahkan obesitas. Kata Kunci: obesitas, anak usia dini, pandemi, machine learning 
Peran Guru dalam Pengambangan Kognitif dan Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini Hasnah Siahaan; Widya Sari Nasution; Siska Ayunita; Nurul Sa’adah Br.batu bara; Nurhaliza Hakim; Emilia Fitri Harahap
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i1.47815

Abstract

Perkembangan kognitif adalah proses dimana individu dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan pengetahuanya. Perkembangan kognitif mencakup peningkatan kemampuan memahami memori. Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Di TK.Anisah Rahma ini anak sudah hampir keseluruhan perkembangan kognitifnya berkembang sesuai harapan , dimana anak-anak disana sudah bisa membalas argumen yang kita berikan secara langsung, serta keberanian anak dalam melakukan sesuatu patut diacungi jempol. Ketika sedang bermain anak juga sudah bisa mengatur strategi apa yang dia gunaka untuk permainan tersebut. Dalam mengembangkan kognitif guru harus mampu meningkatkan wawasan pemikiran yang luas pada anak. Melakukan berbagai pendekatan pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan kognitif anak, guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini, Peran Guru dalam pengembangan Kognitif AUD
Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun dalam Permainan Alas Estafet Di TK Baiturrahman Sidoluhur Malang Artha Mahindra Diputera; Khofifatul Fatimatus Zahro; Alfionita , Luthfi; Azyan Qatrunnada; Mia Astermis; Tasya Putri
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i1.47816

Abstract

Alas estafet merupakan permainan yang dimodifikasi dengan menyalurkan alas kaki yang diinjak oleh per anak secara bergiliran agar semua anak dapat menempati alas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengukur perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan alas estafet. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Baiturrahman Sidoluhur Kabupaten Malang dengan jumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa sosial-emosional anak usia 4-5 tahun setelah menggunakan permainan alas estafet sebanyak 50% anak sudah baik, 30% anak cukup, dan 20% anak kurang.  Kesimpulannya adalah penggunaan alas estafet dapat digunakan untuk asesmen sosial-emosional anak usia 4-5 tahun dan adanya peningkatan pada sosial-emosional anak.Kata Kunci: Asesmen Perkembangan, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Page 1 of 1 | Total Record : 6